Tuesday, July 29, 2014

Kuas Eterna dari Bulu Babi

Kuas merek Eterna terbuat dari 'China Bristle' alias bulu babi
Kalau membeli kuas di toko bahan bangunan, kemungkinan besar yang disodorkan ke kita adalah kuas merek 'Eterna' yang terbuat dari 'China bristle', alias bulu babi. Sangat jarang toko yang menjual kuas dari bahan sintentik, misal polyester.

Menurut artikel di situs wikipedia mengenai brush, ada 3 macam bristle, salah satunya adalah ‘China Bristle‘.”China Bristle” biasanya artinya adalah “Hog Bristle” . Hog ini artinya adalah “babi peliharaan”

Beberapa artikel yang juga membahas mengenai kuas bulu babi:
Hog bristle juga dipakai sebagai bahan kuas melukis : http://www.dickblick.com/products/winsor-and-newton-winton-hog-bristle-brushes/


Bagi yang paranoid dengan kuas bulu babi sebaiknya menggunakan kuas dari bahan sintetik. Sejauh ini kuas sintetik yang saya jumpai adalah dari bahan silikon untuk memasak, dan dari polyester untuk kuas untuk mengecat dan melukis. Alternatif lain adalah menggunakan kuas dari bahan tumbuhan seperti daun pandan yang dijadikan sebagai kuas.

Jika memerlukan kuas yang tidak terbuat dari bulu babi, anda dapat mencari kuas yang dibuat dari bahan plastik/sintetik , seperti dapat diikuti di artikel http://waskita-adijarto.blogspot.com/2014/03/kuas-plastik-dan-kuas-bulu-babi.html

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar anda terhadap artikel ini

Post a Comment