Thursday, February 16, 2012

Perbedaan Antara Sabar Dan Ikhlas


Berikut ini adalah perbedaan antara sabar dan ikhlas:
Sabar : menahan diri dalam melakukan sesuatu atau meninggalkan sesuatu untuk mencari keridhaan Allah. Referensinya adalah dalam Al Quran surat Ar-Ra’d: ayat 22

Dalam Islam, sabar artinya sanggup menahan diri. Kesusahan yang diterima seseorang tidak menyebabkan terjadinya perubahan perilaku orang tersebut, misal tidak berkata-kata yang tidak perlu, tidak marah, dan sebagainya..
Ikhlas itu lebih berat dari sabar. Secara bahasa, ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor. Dalam Islam, ikhlas berarti berniat mengharap ridha Allah saja dalam beramal tanpa mengharapkan balasan apapun dari yang selain Allah.
Ukuran ikhlasnya seseorang adalah bahwa orangyang  ikhlas itu dipuji atau dicaci hatinya sama saja. Dipuji-puji tidak merasa besar, dicaci macam apapun tidak merasa rendah/minder.

5 comments:

  1. Sudah seharusnyalah kita memohon untuk di beri kekuatan untuk memikul seberat-beratnya beban agar kualitas hidup kita meningkat, jadikan sabar dan ikhlas sebagai sandaran dalam mengatasi setiap permasalahan hidup.

    ReplyDelete
  2. Semoga kita bisa selalu bersabar dalam menjalani problema hidup, terimakasih pencerahannya.

    ReplyDelete
  3. Lbih rincinya sabAr itu sabar dAn ikhlas it beerkenaan dg ap saja???

    ReplyDelete
  4. Ikhlas dan Ridha diambil dari bahasa arab, ikhlas adalah RELA dan ridha adalah RESTU, dengan kata lain ikhlas itu menerima dengan tulus dan ridha itu memberi dengan tulus

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar anda terhadap artikel ini