Tuesday, September 27, 2011

Menjaga Hidayah Dan Taufik

17: Antara Sebab Seseorang Mendapat Hidayah.html
Telah diungkapkan bahwa hidayah adalah sesuatu yang mahal namun dapat hilang. Untuk itu perlu ada usaha-usaha untuk menjaga dan memelihara hidayah dan taufik agar kekal menjadi milik kita atau agar ia tidak hilang dari kita. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kita harus bersyukur atas nikmat Tuhan yang paling berharga itu. Kita rasakan bahwa ia adalah nikmat dan pemberian yang tidak ternilai.
  2. Kita beristiqamah mengamalkannya dengan tekun serta penuh rasa takut dan cemas kalau Allah SWT mengambilnya kembali atau takut kalau Allah Taala tarik kembali.
  3. Mestilah selalu bermujahadah (berjuang melawan hawa nafsu) dengan penuh sabar. Terutama di waktu-waktu merasa malas hendak mengerjakan kebaikan dan terasa ringan ingin melakukan kemungkaran/kejahatan.
  4. Selalu bergaul dengan kawan-kawan yang baik. Karena sangat membantu kita dalam menjaga syariat kita di dalam kehidupan sehari-hari dan kita akan merasa bahwa kita ada kawan dalam berbuat kebaikan.
  5. Kalau kita memang orang yang ada pemimpin, jangan sampai terlepas dari pimpinan tesebut. Adanya pimpinan itu perlu karena kita akan sentiasa mendapat nasihat, pengajaran serta ilmunya yang diberi dari waktu ke waktu.

Referensi

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar anda terhadap artikel ini