Berikut ini adalah perbandingan adanya jasad, roh, akal dan nafsu pada berbagai makhluk yang ada di muka bumi:
Makhluk | Jasad | Roh | Akal | Nafsu |
Malaikat | dari cahaya | ada | ada | - |
Manusia | dari tanah | ada | ada | ada |
Jin | dari api | ada | ada | ada |
Hewan | ada | ada | - | ada |
Tumbuhan (nabatat) | ada | - | - | - |
Benda Mati (jamadat) | ada | - | - | - |
Malaikat
Malaikat memiliki jasad, roh dan akal, tapi tidak ada nafsu. Malaikat adalah mukalaf yang taat, patuh dan tidak pernah ingkar. Demikian disebutkan di At-Tahrim:6 " Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
Jasad malaikat terbuat dari cahaya.
Manusia
Manusia memiliki jasad, roh , nafsu dan akal. Jika hatinya (roh) diasuh, dididik dan dibersihkan, maka akan menjadi manusia berwatak malaikat yang berwujud manusia. Jika tidak diasuh & dididik hatinya, maka akan berwatak binatang atau syaitan dengan wujud manusia.
Jasad manusia terbuat dari tanah
Jin
Jin sama dengan manusia, ada roh, nafsu dan akal, serta mukalaf.
Jasad jin terbuat dari api.
Hewan
Hewan ada roh, ada nafsu tapi tidak ada akal, dan tidak mukalaf. Tidak ada pertanggung jawaban syariat. Bila mati jadi tanah, tidak ke syurga tidak ke neraka.
Tanaman dan benda mati
Tanaman dan benda mati memiliki jasad, tidak memiliki akal. Karena tidak ada akal, maka mereka ini tidak termasuk mukalaf. Tentang roh pada tanaman dan benda mati ini menjadi perdebatan sebagian ahli..
Catatan
Mukalaf adalah orang/makhluk yang bertanggungjawab dengan kewajiban dan perintah untuk menjalankan hukum tuntutan agama Islam serta menjauhi larangan-Nya atas dasar orang tersebut sudah mencapai usia dewasa dan mempunyai akal (akil baligh) serta telah sampai seruan agama (Syariat Islam) kepadanya.
Bagaimana dg burung Hudhud dan semut pada kisah nabi Sulaiman as? Apakah mereka berakal? Apakah mereka berakal?
ReplyDeleteDalam beberapa hadis juga disebutkan bahwa gunung dan tanaman ada berkata-kata. Namun demikian kecerdasan atau apapun yang ada pada gunung, tanaman dan hewan tidak menjadikan makhluk-makhluk ini mukallaf. Jadi makhluk-makhluk ini tidak punya kewajiban syari'at seperti manusia, jin dan malaikat.
ReplyDeletePanggilan dari bumi terhadap manusia: http://imandanteknologi.blogspot.com/2011/04/panggilan-bumi.html
ReplyDeleteada ada saja, sampai jadi bahan amunisi perdebatan di http://www.kaskus.us/showpost.php?p=525895721&postcount=8629
ReplyDelete